Loading...

Apa itu NFC ? dan Cara Mengaktifkan NFC di Xiaomi

Cara Mengaktifkan NFC di Xiaomi – Halo balik lagi di panduanxiaomi.com kali ini kita akan membahas suatu teknologi yang sudah tidak asing lagi sebenernya di telinga masyarakat, namun kali ini akan sangat menarik kita bahas karena ternyata teknologi ini memiliki banyak sekali fungsi atau kelebihan, dan sangat futuristik tentunya, tanpa lama-lama lagi kita bahas langsung yuk.

Sebenarnya apasih NFC itu ? NFC adalah kepanjangan dari Near Field Communication, teknologi dimana memungkinkannya kita bisa berbagi file seperti dokumen,audio,gambar atau game multi player secara efisein.Tapi bukan itu saja NFC sendiri bisa digunakan untuk transaksi pembayaran non tunai sehingga kita tidak usah repot-repot lagi dengan kartu ATM atau kartu lainnya yang bersifat fisik, sangat efektif bukan? karna transaksi dilakukan tanpa adanya kontak sama sekali atau Contactless.

Jadi intinya NFC itu adalah membuat koneksi  antara dua perangkat dengan cara berdekatan atau dengan saling bersinggungan pada jarak yg relatif dekat atau beberapa centimeter saja, dan kita juga akan bahas sebenarnya apa perbedaan NFC sendiri dengan bluetooth dan itu akan kita bahas nanti.

Dan kali ini kita juga bakal share cara mengaktifkan NFC ini di Xiaomi, tidak semua smartphone support untuk fitur NFC untuk Xiaomi mungkin kelas menengah keatas yang sudah support dengan  fitur ini. Untuk  smartphone lain  ada juga yang  bisa cek secara fisik seperti vendor Smartphone Samsung khususnya Samsung Galaxy note 4, yang langsung terlihat dari informasi yang tertera di batre smartphone tersebut.

Kembali lagi kita bahas cara mengaktifkan NFC di handphone XIAOMI khususnya.

  1. Masuk ke pengaturan atau setting, dan biasanya fitur ini juga sudah tersedia di menu toggle atau menu notifikasi yang biasa anda drag kebawah dari atas layar smartphone anda, jika ada tinggal tap sekali untuk menghidupkan dan tap kembali untuk mematikannya.
  2. Jika tidak ada di menu toggle smartphone anda bisa juga langsung ke menu / setting, kemudian klik more > NFC.
  3. Klik toggle tersebut untuk mengaktifkan mode NFC.

 

Setelah aktif kita masuk ke cara penggunannya, yang harus di perhatikan adalah untuk memakai mode ini kedua device harus keadaan unlock atau tidak terkunci, dan pastinya device yang satunya juga support,  NFC nya sudah aktif seperti cara di atas, ok selanjutnya

Loading...
  1. Untuk keduanya setelah mengaktifkan NFC, jangan lupa aktifkan juga android Beam nya.
  2. Kemudian dekatkan kedua smarthphone, dan masing-masing device saling mendeteksi, tunggu sampai ada notif getar atau suara, yang menandakan bahwa kedua device sudah terhubung.
  3. Lalu setelah kedua device terhubung, silahkan lakukan aktifitas seperti bertukar file,lagu atau yang lainnya.
  4. Dan jangan lupa jarak kedua device jangan terlalu jauh.
  5. Proses transfer file menggunakan NFC selesai.

Baca juga : Cara Mengaktifkan Ultimate Battery Saver Mode di Xiaomi

Sempat kami singgung diatas, bahwa apa sih kelebihan NFC di banding dengan bluetooth? seklias memang sebenernya seperti tidak ada bedanya ketika mendengar jika tujuannya untuk transfer file saja.Letak perbedaan NFC dan bluetooth jelas di jangkauan dan mekanisme komunikasi, berikut penjelasannya.

  1. A[akah konektifitas NFC terbatas? iya. Karena NFC tidak bisa berinteraksi lebih dari 10cm. sedangkang bluetooth bisa lebih dari itu.
  2. NFC bisa dibilang lebih praktis tanpa proses pairing seperti bluetooth.
  3. Dan yang penting NFC tidak lebih menguras baterai seperti bluetooth
  4. Hal yang sangat mengesankan, dan sempat kita bahas diatas adalah bhwa NFC bisa dipakai sebagai alat bayar atau transaksi, Contactless.
  5. Sedikit gambaran karna nanti teknologi ini kemungkinan akan sangat terpakai di masa depan, dan sekarang khususnya diluar negeri seperti eropa dan negara-negara maju lainnya teknologi ini sudah di pakai dan di butuhkan, sedangkan di Indonesia masih sedikit yang menyediakan maupun yang membutuhkannya.

Sehingga belum terlalu berkembang. Dan semoga di masa depan sistem seperti ini sudah familiar sehingga lebih praktis dan bisa di pakai di fasilitas lainnya seperti untuk transaksi transportasi, kesehatan dan yang lainnya.

Baca juga : Cara Mengaktifkan Fitur Tersembunyi Xiaomi Redmi 2, 3, 3 Pro dan Note 3 Paling Lengkap

Ya jadi begitulah gambaran singkat tentang NFC dan diatas sudah dijelaskan juga cara mengaktifkan NFC di Xiaomi dan sedikit gambaran tentang kelebihan dan kekurangannya. Semoga bermanfaat sampai jumpa diartikel selanjutnya.

Pencarian Terkait

,nfc xiaomi,nfc di xiaomi,cara mengaktifkan nfc di xiaomi,nfc pada xiaomi,nfc xiaomi redmi 4x,nfc xiaomi redmi note 4x,apakah xiaomi redmi note 4x bisa menggunakan aplikasi nfc,cara mengaktifkan nfc di xiaomi redmi 4x,xiaomi redmi 3 nfc,nfc xiaomi NFC
Loading...
Apa itu NFC ? dan Cara Mengaktifkan NFC di Xiaomi | Indra Herdiansyah | 4.5