Loading...

Cara Custom Tema Xiaomi Agar Lebih Menarik

Cara Custom Tema Xiaomi Agar Lebih Menarik – Mengganti tema pada sebuah hp akan membuat tampilan menjadi lebih baik. Sayangnya, tema default yang sudah disematkan pada hp biasanya kurang menarik. Salah satu cara yang banyak dilakukan adalah melakukan download tema di beberapa situs. Namun, untuk tema pada Xiaomi bisa diganti dengan yang ada pada MIUI. Mengenai bagaimana cara custom tema Xiaomi agar lebih menarik akan dibahas di sini.

Dengan digunakannya MIUI pada hp Xiaomi membuat langkah kostumisasi menjadi lebih mudah. Hanya dengan sedikit mengeditnya, hp akan berubah menjadi lebih baik. Jika Anda sedang mencari cara custom tema Xiaomi agar lebih menarik, pembahasannya akan ada di bawah ini.

Cara-cara yang akan digunakan di sini akan dilakukan lewat Notepad dengan berbagai kode yang telah dibuat para ahli pembuatnya dan juga menggunakan MIUI theme editor, sebuah tool yang digunakan di komputer untuk bisa mengedit segala hal pada hp. Langsung saja baca panduannya.

Cara Mengubah Icon Status Bar

Dengan langkah-langkah berikut ini Anda bisa mengubah icon status bar secara otomatis menjadi Light Mode. Jika Anda menggunakan MIUI Theme Editor, berikut ini langkah-langkahnya.

Pertama pilih menu Open jika Anda ingin menggunakan tema yang sudah ada untuk dikostumisasi. Kemudian gunakan modul Framework dan pilih tab dengan nama Theme Value. Lanjutkan dengan menggunakan modul Property Integer.

Carilah menu dengan tulisan windo­w_translucent­­_status kemudian ubah nilainya jadi #00000002. Dan selesai sudah.

Jika akan menggunakan notepad++, pada folder framework-res-MIUI Anda buka dulu menu theme_values.xml. Lalu salin dan paste kode berikut ini.

<integer name=”window_translucent_status”>#00000002</integer>

Cara satu ini sangat mudah untuk diikuti bukan?

Cara Mengubah Warna Font Ketika Ada Notifikasi

Cara ini bisa Anda lakukan jika ingin mengganti warna font ketika motifikasi muncul, bisa juga untuk mengubah konten dari status bar. Langkah-langkah yang akan diberikan di bawah ini adalah untuk menggunakan notepad++.

Pertama buka dulu lembar kerja baru di MIUI Theme Editor dengan memilih Open dan memilih mana tema yang ingin dikostumisasi. Kemudian tambahkanlah folder baru kemudian beri nama framework-res. Kemudian copy dan paste kode berikut ini di Notepad++.

<?xml version=”1.0″ encoding=”utf-8″?>

<MIUI_Theme_Values>

<color name=”statusbar_content_title”>#ffcc0000</color>

<color name=”statusbar_content”>#80cc0000</color>

<color name=”statusbar_content_info”>#80cc0000</color>

<color name=”statusbar_content_time”>#80cc0000</color>

</MIUI_Theme_Values>

Setelah itu simpan semuanya dengan menggunakan save as dan simpan dalam file bernama theme_values dan jenis xml.

Catatan untuk cara ini adalah sebelum adanya kode bertuliskan </color> Anda bisa mengganti nilainya karena itu adalah kode warna hex. Untuk mencari kode untuk warna yang diinginkan Anda bisa cari di internet atau pada berbagai aplikasi desain grafis.

Mengubah Background Foto yang Ada Pada Kontak

Loading...

Cara custom tema Xiaomi agar lebih menarik lainnya adalah ini. Pertama Anda pergi dulu ke modul Contact kemudian pilih tab bernama Theme Value. Kemudian pilih Property Bool dan ubah show_default_contact_detail_photo_bg menjadi true yang sebelumnya false.

Selanjutnya pada folder com.android.contact buka lah theme_values.xml , di antara value untuk <MIUI_Theme_Values> dan <MIUI_Theme_Values> sisipkan kode berikut ini.

<bool name=”show_default_contact_detail_photo_bg”>true</bool>

Selanjutnya pada modul kontak Anda bisa mengubah contact_detail_default_photo.9.png.

Cara Mengecilkan Preview Folder Icon

Pertama buka MIUI Home kemudian pilih tab bernama Theme Value. Di sana perhatikan modul properti dimen lalu nilainya diubah menjadi sebagai berikut.

folder_preview_height = 40.000000dp

folder_preview_width = 40.000000dp

folder_item_horizontal_spacing = 8.000000dp

folder_item_vertical_spacing = 8.000000dp

folder_preview_top_margin = 13.000000dp

Kemudian di folder com.miui.home buka theme_values.xml. Sebelum </ MIUI_Theme_Values> tambahkan kode sebagai berikut.

<dimen name=”folder_preview_height”>40.000000dp</dimen>

<dimen name=”folder_preview_width”>40.000000dp</dimen>

<dimen name=”folder_item_horizontal_spacing”>8.000000dp</dimen>

<dimen name=”folder_item_vertical_spacing”>8.000000dp</dimen>

<dimen name=”folder_preview_top_margin”>13.000000dp</dimen>

 Menyembunyikan Nama Icon

Jika melakukannya di MIUI Theme Editor caranya adalah dengan memilih menu Open jika ada tema yang ingin Anda kostumisasi jika ingin yang baru maka pilih New. Kemudian pilih tab Theme Value di MIUI Home dan di modul property color ubah opacity yang tadinya 100 persen menjadi 0 persen.

Sedangkan jika melakukannya di Notepad ++ pilihan menu Open kemudian buka folder com.miui.home. Kemudian pada theme_values.xml klik kanan dan pilih Open With menggunakan Notepad ++. Letakan kode di bawah ini di antara value <MIUI_Theme_Values> dan </ MIUI_Theme_Values>. Berikut ini kodenya.

<?xml version=’1.0′ encoding=’utf-8′ standalone=’yes’ ?>

<MIUI_Theme_Values>

<color name=”icon_title_text_dark”>#00000000</color>

<color name=”folder_icon_title_text_shadow”>#00000000</color>

<color name=”icon_title_text_shadow”>#00000000</color>

<color name=”folder_icon_title_text”>#00ffffff</color>

<color name=”folder_icon_title_text_dark”>#00000000</color>

<color name=”icon_title_text”>#00ffffff</color>

</MIUI_Theme_Values>

Jika ditemukan theme_values.xml maka buat file baru menggunakan Notepad ++ kemudian copy dan paste kode di atas lalu simpan filenya dengan ekstensi xml.

Baca juga: Tips Cerdas Menjaga Privasi di HP Xiaomi Anda Tetap Aman

Demikianlah bagaimana cara custom tema Xiaomi agar lebih menarik yang bisa disampaikan. Semoga pembahasannya bermanfaat.

Pencarian Terkait

,cara custom tema xiaomi,cara edit tema xiaomi,custom tema xiaomi,cara membuat tema xiaomi dengan pc,cara mengedit tema xiaomi,cara membuat tema xiaomi,cara customize tema xiaomi,cara membuat tampilan xiaomi menarik,cara merubah theme values xiomi,Cara edit tema
Loading...
Cara Custom Tema Xiaomi Agar Lebih Menarik | Khisma Nisa Yuniar | 4.5