Cara Disable Google Apps atau Bloatware pada Xiaomi Tanpa Root

IKLAN

Cara Disable Google Apps atau Bloatware pada Xiaomi Tanpa Root – Aplikasi aplikasi dari Google sangat penting karena bisa membantu kegiatan apa saja menjadi mudah dilakukan. Namun ada kalanya beberapa aplikasi Google tidak dibutuhkan, contohnya aplikasi yang telah ditanam oleh pihak pembuat hp. Apabila ada di hp Xiaomi dengan ROM MIUI 8 maka aplikasi tersebut tidak bisa langsung di-disable atau dinonaktifkan. Oleh karena itu banyak yang mengganti ROM dengan jenis lain seperti Resurrection Remix atau CyanogenMod. Namun Sebenarnya masih ada cara disable Google Apps atau bloatware pada Xiaomi tanpa root yang bisa dilakukan. Artikel ini akan membahasnya.

Jika ada terlalu banyak aplikasi di hp pasti akan membuat kinerjanya menjadi kurang cepat. Sayangnya, untuk aplikasi-aplikasi yang telah tertanam sebelum hp dimiliki atau aplikasi yang tidak di-download sendiri tidak bisa dihapus secara manual atau tidak ada pilihan hapus instalannya. Maka dari itu harus mencari cara disable Google Apps atau bloatware pada Xiaomi yang lainnya. Mengenai hal itu pembahasannya langsung ada di bawah ini.

IKLAN

Apabila Anda pengguna MIUI 8 yang ingin menonaktifkan aplikasi-aplikasi tanpa perlu root maka bisa menggunakan bantuan dari aplikasi Activity Launcher.zip. Untuk downloadnya ada di link ini. Setelah itu ikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Ekstrak file zip dari aplikasi tersebut lalu instal aplikasinya.
  • Setelah itu buka aplikasi tersebut dan klik pada menu recent activities kemudian pilih lagi menu All activities.
  • Di sana cari dan klik menu settings kemudian arahkan menuju menu installed apps dan buka.
  • Cari nama aplikasi yang ingin Anda disable setelah itu akan muncul App Info lalu pilih saja tombol disable agar langsung bisa dinonaktifkan. Coba lihat pasti aplikasi tersebut sudah tidak ada lagi di hp Anda, sehingga ruangan penyimpanan hp akan lebih lega.

Lakukan langkah-langkah yang sama untuk menghapus aplikasi lainnya yang tidak dibutuhkan.

IKLAN

Aplikasi yang sudah ditanamkan pada hp lebih banyak yang tidak penting sehingga harusnya dihapus saja. Namun entah kenapa tidak bisa langsung dihapus. Biasanya aplikasi-aplikasi dari Google yang tidak terpakai antara lain Google Play Movies & TV, Google Text To Speech Engine, Hangouts, Google Voice App, Talkback, dan masih banyak lagi. Sedangkan aplikasi Xiaomi tertanam yang tidak terpakai biasanya antara lain, Chinese Mi Assistant, Mi wallet, Mi Discover, dan Mi Credit. Bagi kita mungkin tidak mengerti kenapa aplikasi-aplikasi tersebut harus ada tapi pasti ada alasan dari Google. Namun tetap saja intinya tidak penting.

Selain dengan cara yang dibahas di atas, cara lainnya bisa dengan langsung melakukan pengaturan di Google Play Store. Caranya adalah buka aplikasinya Lalu ikuti langkah-langkah berikut.

  • Pilih menu kemudian pilih opsi help & feedback.
  • Lalu pilih browse all article dan tekan pilihan uninstall, disable & delete apps .
  • Selanjutnya klik Tap To Go To Application Settings, nanti akan ada semua aplikasi yang ada di hp. Cari mana yang ingin Anda disable. Jika ada pilihan disable dan force stop yang muncul maka klik saja pilihan disable.
  • Jika ingin mengembalikannya lagi maka klik saja enable.

Baca juga: Cara Disable Driver Signature Enforcement Windows 7/8/10

Demikianlah cara disable Google Apps atau bloatware pada Xiaomi tanpa perlu melakukan root. Semoga pembahasan yang dibahas di sini bermanfaat bagi Anda dan semoga sukses.

IKLAN

Incoming search terms:

  • cara disable aplikasi google di ciaomi
  • cara disable aplikasi tanpa root pada redmi 4
  • cara hapus mi wallet tanpa root
Cara Disable Google Apps atau Bloatware pada Xiaomi Tanpa Root | Khisma Nisa Yuniar | 4.5