Loading...

Cara Membuat Kabel DFC atau Kabel EDL Xiaomi Sederhana

Cara Membuat Kabel DFC atau Kabel EDL Xiaomi Sederhana – Flashing banyak dilakukan pada hp Xiaomi yang mengalami masalah. Tujuannya sama dengan menginstal ulang Windows di komputer. Untuk melakukan flashing Anda membutuhkan sebuah kabel yang digunakan untuk menghubungkan hp dengan komputer. Bisa menggunakan kabel USB, bisa juga menggunakan kabel DFC atau kabel EDL. Tidak perlu membeli kabel DFC atau EDL karena Anda bisa membuatnya sendiri. Di artikel ini akan dibahas mengenai bagaimana cara membuat kabel DFC atau kabel EDL Xiaomi sederhana.

DFC atau Deep Flash Cable sebenarnya mirip dengan kabel USB, hanya saja fungsinya lebih spesifik, yaitu untuk melakukan flashing. Ada alasan kenapa menggunakan kabel ini dibandingkan dengan USB biasa. Itu karena kabel ini berfungsi juga untuk melakukan unbrick hp Xiaomi. Jika pada hp terjadi bootlop maka kabel USB biasa tidak bisa digunakan. Agar Anda tidak penasaran maka langsung saja pembahasan mengenai cara membuat kabel DFC atau kabel EDL Xiaomi sederhana ada di bawah ini.

Cara membuat kabel DFC atau EDL sama saja meski kegunaannya sedikit berbeda. Karena kabel EDL digunakan untuk membuat hp bisa masuk ke mode EDL atau Emergency Download. Jika ingin membelinya, kisaran harganya adalah 75 ribu rupiah. Memang murah tapi jika ingin membuatnya sendiri tidak masalah. Langsung saja ini dia langkah-langkah yang bisa Anda lakukan untuk membuat kabel DFC atau EDL.

Pertama-tama Anda harus mempersiapkan berbagai alat yang dibutuhkan. Antara lain.

  • Saklar kecil dengan satu tombol.
  • Kabel USB yang bukan bawaan Xiaomi.
  • Solasi ban atau selotip.
  • Cutter atau silet.
  • Kabel dengan dua warna.
  • Soldier listrik.

Sudah lengkap semuanya? Jika begitu Anda bisa memulai membuatnya. Perhatikan dengan saksama, baca dulu semua langkahnya baru mulai mengikutinya agar tidak ada kesalahan yang dilakukan dan membuatnya gagal.

Loading...
  • Siapkan cutter atau silet kemudian kelupas lapisan luar kabel USB, jangan sampai terpotong.
  • Nanti Anda akan melihat bagian dalamnya dan ada 4 kabel dengan warna putih, merah, hitam, dan hijau.
  • Kelupas kabel yang warnanya hitam, dan hijau dengan hati-hati.
  • Kemudian sambungkan kabel dua warna yang telah dipersiapkan ke kabel hijau dan hitam itu.
  • Kemudian sambungkan lagi ujung kabel dua warna selain kabel USB ke saklar. Jika Anda mau dan lebih bagus lagi memang Anda harus menyambungkannya dengan menggunakan soldier sampai benar-benar.
  • Jika sudah selesai tutup dengan menggunakan selotip agar terlihat lebih rapi.

Selesai sudah cara membuat kabel DFC atau kabel EDL Xiaomi sederhana. Memang sangat sederhana tapi mungkin masih ada yang binggung. Jika cara yang dibahas di sini belum bisa membantu Anda lebih baik lihat saja video tutorial yang ada di Youtube, Anda akan menemukannya dengan mudah. Atau jika tidak ingin repot lebih baik Anda membelinya saja karena harganya juga tidak terlalu mahal.

Oh ya, Anda bisa menggunakan kabel untuk hp yang lain selain Xiaomi asalkan menggunakan chipset Qualcomm. Sebagai informasi tambahan, di bawah ini akan dibahas mengenai bagaimana cara menggunakan kabel ini dengan benar agar apabila Anda melakukan flashing tidak akan mengalami kegagalan yang bisa merusak kinerja hp Anda.

Cara yang benar dalam menggunakannya adalah Anda harus menekan dulu tombol saklar sambil menggandengkan kabel hijau dan hitam, setelah itu baru menyambungkan hp Anda ke komputer dengan kabel. Jika sudah, Anda bisa melepaskan kabel hijau dan hitam tersebut. Nanti komputer Anda akan langsung mendeteksi perangkat yang disambungkan. Namanya pasti nanti adalah Qualcomm HS-USB QD-loader 9007.

Sedangkan cara yang salah dan lumayan sering dilakukan adalah menyambungkan dulu hp ke komputer menggunakan kabel, setelah itu baru menempelkan kabel hitam dan hijau. Atau menyambungkan hp dan PC kemudian menekan saklar.

Baca juga: Cara Masuk ke Mode EDL Download di HP Xiaomi

Demikianlah bagaimana cara membuat kabel DFC atau kabel EDL Xiaomi sederhana. Semoga Anda berhasil melakukan tutorial ini dengan baik.

Pencarian Terkait

,cara membuat kabel dfc,cara membuat kabel edl,cara buat kabel dfc,Kabel edl,cara buat kabel edl,cara bikin kabel edl,membuat kabel dfc,kabel edl xiaomi,cara bikin kabel dfc,fungsi kabel edl
Loading...
Cara Membuat Kabel DFC atau Kabel EDL Xiaomi Sederhana | Khisma Nisa Yuniar | 4.5