Loading...

Daftar ROM Xiaomi Redmi Note 3 / Pro

Hai ! balik lagi bareng panduanxiaomi.com ,kali ini kita akan sedikit membahas  tentang ROM pada sebuah smartphone dan tentunya kita juga akan share daftar ROM khusus untuk Xiaomi Redmi Note3, untuk jenis-jenisnya nanti akan di share juga di bawah ya.

Sebelumnya kita cari tahu apa sih ROM dan fungsinya. Secara definisial ROM merupakan kepanjangan dari Read Only Memory, dimana  bisa dikatakan ROM sendiri adalah sebuah media yang terdapat File system yang kita tidak bisa merubah maupun mengisi data atau dengan kata lain hanya bisa di baca dan satu lagi ROM sendiri bersifat permanen. Sangat bertolak belakang dengan RAM ( Random Acces Memory),yang bisa diisi data secara langsung atau realtime.

 

 

Apakah ROM bisa di modifikasi? jawabannya bisa, namun prosedur untuk memodifikasi ROM tidak bisa dibilang simple, karna kita harus melalui proses yang dinamakan  flashing.Namun kali ini kita tidak akan bahas secara detail mengenai itu.

Baca juga :  Cara Flash ROM Global Stable Redmi 4 Prime dengan TWRP

Lalu apa fungsi kita mengganti ROM pada smartphone kita? sebenarnya ini kembali lagi pada selera dan kebutuhan kita, ada beberapa user yang cukup puas dengan ROM bawaan setelah membeli smartphone, ada juga yang memang ingin memodifikasi smartphonenya dengan lebih kompleks.

Adapun manfaatnya lebih pada kepuasan user dalam menggunakan smartphone dengan kebutuhan yang dimiliki. Untuk Xiaomi sendiri seperti yang kita ketahui kebanyakan yang beredar di Indonesia adalah ROM yang sudah di modif oleh distributor, atau ROM abal-abal  ya walaupun tidak semua sih solusinya  kita harus mengganti ROM bawaan tersebut, menjadi jenis ROM yang kita inginkan.

Jenis-jenis ROM yang sudah banyak beredar sendiri bisa dikatakan Ada 3 jenis yaItu, ROM stable(resmi) yaitu global dan china, yang kedua adalah ROM Developer (China dan Global), dan yang ketiga adalah ROM distributor (ROM abal- abal ).

Untuk cara membedakan beserta kekurangan maupun kelibihannya tidak akan kita bahas sekarang ya, kita akan membahasnya secara singkat saja, sebelumnya yang kita ketahui bahwa kita akan memodifikasi ROM bawaan dari Xiaomi yang sering kita sebut MIUI, padahal MIUI sendiri sudah di custom sebelumnya dari android murni atau bisa kita sebut AOSP (Android Open Source Project), kemudian di kembangkan kembali oleh developer Xiaomi agar meningkatkan performa, dan memperbaIki tampilannya yang sekarang kita sebut MIUI.

Sebelumnya kami jelaskan secara singkat beberapa metode flashing atau modifikasi ROM, secara garis besar metode flashing dibagi dalam 3 bagian:

1.Recovery  Update disini adalah metode flashing atau update melalui system, atau  MI Recovery  dan biasanya ROM yang digunakan harus berakhiran .zip

2.Fastboot update disini meteode flashing yang disupport oleh Mi FLash tools tentu saja metode ini harus melalui PC dan dengan catatan hanphone kamu harus dalam keadaan Unlock Bootloader.

3.Fastboot Mode EDL (Emergency Download), bila kondisi hp kamu masih belum unlock bootloader metode ini sangat cocok, karna secara langsung mem-bypass bootloader, sehingga bisa flashing ketika kondisi hp km masih belum unlock bootloader, dan bisa mengembalikan kondisi hp yang bootloop.Namun syarat agar bisa menggunakan metode ini adalah processor yang di tanam berbasis Qualcomm (Redmi Note 3 Pro)  dan bukan MTK.

Diatas adalah metode modifikasi ROM menjadi ROM resmi atau official, untuk CUSTOM ROOM bisa menggunakan TWRP mode. oke langsung aja, berikut link beserta keterangannya:

1.RECOVERY ROM 

Loading...

ROM Stable Global

ROM China Stable

ROM Global Developer

ROM China Developer

2. Fastboot ROM

ROM Global Stable

ROM China Stable

ROM Global Developer

ROM China Developer

3. Custom ROM

Xiaomi.EU

LineageOS

lineage-14.1-20170927-nightly-kenzo-signed.zip (Android 7.1 Nougat)

CyanogenMod

cm-14.1-20161030-UNOFFICIAL-kenzo.zip + GApps (Android 7.1 Nougat)

Baca juga : Daftar ROM MIUI PRO Smartphone Xiaomi Lengkap

MultiROM

multirom_HMNote3Pro6_V8.1.1.0.MHOCNDI_v6.0.1_b42_d85f3d9c7d.zip (Stable).

Silahkan kalian pilih metode yang ingin kalian pakai dalam memodifikasi ROM pada handphone Xiaomi Redmi note3 kalian, semoga membantu dan selamat mencoba.

Pencarian Terkait

,cusroom modifikasi untuk redmi note 3,download rom miui v8 5 3 0 MHOMIED,kenzo_global_images_V8 0 6 0 LHOMIDG_20161025 0000_5 1_global_e45dc39209 tgz,modifikasi custom Rom Xiaomi redmi note 3 pro
Loading...
Daftar ROM Xiaomi Redmi Note 3 / Pro | Indra Herdiansyah | 4.5