8 Latihan Ala Gym Terbaik yang Efektif untuk Membentuk Massa Otot

Ingin membangun massa otot tanpa harus pergi ke gym? Tenang, Anda bisa lho mendapatkan hasil yang maksimal dengan latihan ala gym di rumah! Berikut 8 latihan terbaik yang bisa Anda coba:

1. Squat

Melansir dari laman svarga, latihan ini melatih otot paha, bokong, dan betis. Lakukan squat dengan kaki selebar bahu, turunkan tubuh seperti duduk di kursi, dan jaga punggung tetap lurus. Lakukan 3 set dengan 10-12 repetisi per set.

2. Push-up

Push-up melatih otot dada, trisep, dan bahu. Posisikan tubuh seperti plank dengan siku di bawah bahu, turunkan dada ke lantai, dan dorong kembali ke atas. Lakukan 3 set dengan 10-12 repetisi per set.

3. Pull-up

Pull-up melatih otot punggung dan bicep. Gantungkan tubuh Anda pada pull-up bar, tarik tubuh ke atas hingga dagu melewati bar, dan turunkan kembali. Lakukan 3 set dengan repetisi sebanyak mungkin.

4. Lunges

Lunges melatih otot paha, bokong, dan keseimbangan. Lakukan lunges dengan melangkah maju dengan satu kaki, turunkan tubuh hingga lutut belakang hampir menyentuh lantai, dan dorong kembali ke atas. Lakukan 3 set dengan 10-12 repetisi per kaki.

5. Dips

Dips melatih otot trisep dan bahu. Posisikan tangan di kursi atau bangku, turunkan tubuh hingga siku membentuk sudut 90 derajat, dan dorong kembali ke atas. Lakukan 3 set dengan 10-12 repetisi per set.

6. Plank

Plank melatih otot inti (core) dan meningkatkan stabilitas. Posisikan tubuh seperti push-up dengan siku di bawah bahu, tahan selama 30-60 detik per set. Lakukan 3 set.

7. Burpees

Burpees adalah latihan kardio yang efektif membakar kalori dan meningkatkan detak jantung. Lakukan burpees dengan squat, push-up, dan lompatan. Lakukan 3 set dengan repetisi sebanyak mungkin.

8. Mountain Climbers

Mountain climbers melatih otot kardio, kaki, dan tangan. Posisikan tubuh seperti plank, tarik lutut ke arah dada secara bergantian. Lakukan 3 set dengan repetisi sebanyak mungkin.

Tips:

  • Lakukan pemanasan dan pendinginan sebelum dan setelah latihan.
  • Gunakan beban tambahan seperti botol air atau dumbbell untuk meningkatkan intensitas.
  • Istirahat 30-60 detik antar set.
  • Konsultasikan dengan dokter atau pelatih fitness jika Anda memiliki kondisi medis tertentu.

Kesimpulan:

Latihan ala gym di rumah bisa menjadi pilihan efektif untuk membangun massa otot. Lakukan latihan dengan konsisten dan disiplin, dan perhatikan asupan nutrisi untuk hasil yang maksimal.

Selamat berlatih!

Catatan:

  • Anda dapat mengkombinasikan beberapa latihan untuk membuat program latihan yang lebih lengkap.
  • Dengarkan tubuh Anda dan istirahatlah saat needed.
  • Pastikan teknik gerakan yang benar untuk menghindari cedera.
8 Latihan Ala Gym Terbaik yang Efektif untuk Membentuk Massa Otot | Wingki | 4.5