Loading...

Sejarah Singkat Ilmu Psikologi

Sejarah Singkat Ilmu Psikologi – Awal mula psikologi adalah dari konsep yang sederhana dan terus dikembangkan oleh para ahli-ahli psikolog dengan pemikiran yang kritis, sehingga dapat dikenal sampai saat ini. Psikologi ini kemudian memiliki perkembangan dan menjadi bagian dari ilmu pengetahuan yang membahas tentang kejiwaan dan juga respon dari tingkah laku manusia dengan lingkungannya. Ada beberapa pendapat ahli yang bermunculan pada jamannya, yaitu sebagai proses untuk menyempurnakan konsep dari psikologi, sehingga disetujui dan mempunyai makna dan arti yang sinkron. Sejarah perkembangan ilmu psikologi ini juga dibagi menjadi beberapa periode dijamannya dari mulai pra sebelum berdirinnya psikologi sampai psikologi mennjadi dikenal sampai seperti saat ini. Dibawah ini beberapa ulasan sejarah perkembangan psikologi.

1. Periode Pra berdirinya Psikologi

Psikologi ini asal bahasanya dari Yunani kuno yang berarti jiwa dan juga kata sehingga dapat diartikan menjadi ilmu yang mempelajari tentang jiwa dan mental. Psikologi memiliki sifat yang abstrak. Tapi sifatnya ini punya batasan pada manifestasi dan juga ekspresi dari jiwa. Sifat yang dimaksud berupa tingkah laku dan bisa juga proses dalam melakukan sebuah kegiatan. Maka psikologi dapat diartikan sebagai ilmu pengetahuan yang didalamnya mempelajari tentang tingkah laku dan proses kejiwaan manusia.

Loading...

2. Psikologi sebagai Ilmu yang otonom

Di akhir abad ke 19, adalah babak yang baru bagi sejarah psikologi. Di tahun 1879 Wilhem Wundt membuat laboratorium psikologi yang pertama yang dijadikan sebagai titik start bagi perkembangan sejarah di ranah psikologi. Laboratorium Wundt ini didirikan di Leipzig. Wundt  memperkenalkan bagaiman metode instropeksi yang dia gunakan didalam penelitian yang dia lakukan.

3. Perkembangan Psikologi Modern

Sejarah dari perkembangan ilmu psikologi ini berisikan tentang berbagai pendapat para tokoh ilmuwan sejarah ilmu jiwa yang menjelaskan tentang  kejiwaan. Adanya  psikologi modern ini pastinya tidak lepas dari pengaruh dari para tokoh psikologi pada masanya. Aliran modern dari perkembangan psikologi ini salah satunya yaitu strukturalisme.

Strukturalisme merupakan titik awal dari kemunculan pernyataan psikologi yang dijadikan sebagai disiplin ilmu yang memiliki sifat otonom dan juga dibangun dengan menggunakan laboratorium penelitian. Tapi dikarenakan ada banyak pendapat dan tentunya juga pertentangan maka banyak bermunculan berbagai aliran psikologi lainnya.

Berikut ini aliran- aliran tersebut:

  • Strukturalisme
  • Fungsionalisme
  • Behaviorisme
  • Gestalt Psychology
  • Psikoanalisa
  • Humanistic Psychology

Sekian artikel tentang kampus psikologi, semoga artikel ini dapat memberikan manfaat bagi kita semua. Cukup sekian dan terima kasih.

Loading...
Sejarah Singkat Ilmu Psikologi | Cipoh | 4.5