Apa itu Backlink dan Manfaatnya Untuk Website

Dalam proses optimasi blog atau website ada beberapa hal yang sangat penting dan tidak boleh terlewatkan, salah satunya backlink. Backlink memiliki manfaat yang dibutuhkan sekali oleh website agar terlihat SEO friendly. Anda bisa menggunakan jasa web developer, salah satunya jasa bernama Garuda Backlink.

Pengaruh dari backlink benar-benar tidak bisa Anda sepelekan. Oleh karena dapat membuat peningkatan jumlah traffic, dan membantu website untuk bisa berada dalam posisi atas di search engine results page. Selain itu masih banyak manfaat yang lainnya.

Pelajari lebih lanjut mengenai pengertian dari backlink dan manfaatnya pada artikel ini yang akan membahasnya.

Pengertian Backlink

Backlink atau yang biasa disebut juga sebagai tautan merupakan referensi dari sebuah website terhadap blog atau website milik orang lain, dan sebaliknya. Tautan ini pun menjadi kunci yang bisa menentukan evaluasi yang baik dari algoritma Google.

Robot algoritma milik Google bertugas untuk mencari tahu tentang pentingnya sebuah halaman website. Jika bagus maka bisa mendapatkan posisi yang baik di halaman pencarian. Dan untuk mencapai semua itu butuh beberapa langkah.

Selain itu, apabila Anda memiliki bisnis online, backlink juga bisa menjadi penentu kesuksesannya. Cara menggunakan backlink sebenarnya mudah sekali, yaitu hanya perlu menyimpan link atau tautan dari sumber website lain pada kata kunci yang ada di artikel atau konten.

Optimasi backlink adalah yang menjadi prioritas jika Anda mengoptimasi SEO off-page. Oleh karena ada banyak manfaat baik yang berasal dari backlink untuk website apabila pengoptimalisasiannya baik dan benar.

Jadi intinya backlink adalah faktor penentu tentang apakah baik tidaknya website Anda menurut mesin pencarian seperti Yahoo, Bing, Google, dan lain sebagainya.

Manfaat Baik Backlink Bagi Website

Seperti yang sudah dibahas di atas, backlink memiliki banyak sekali manfaat baik untuk website. Dalam optimasi SEO off-page manfaatnya adalah membuat kredibilitas website naik di search engine atau mesin pencari.

Juga bisa menaikkan page authority serta domain authority. Secara ringkas backlink memiliki tujuan untuk menginformasikan kepada Google ataupun mesin pencari lain bahwa website yang kita kelola bisa memberikan informasi penting dan dibutuhkan pembaca, juga bisa dipercaya.

Apakah perlu jumlah backlink yang banyak untuk membuat website bisa ada di peringkat atas SERP atau Search Engine Results Page? Tidak selalu.

Alasannya karena jika jumlah backlinknya sedikit tapi relevan dan berkualitas itu kadang sudah cukup. Oleh karena faktor utama yang dilihat oleh mesin pencari adalah kualitas bukan kuantitasnya.

Untuk membuat tautan backlink yang berkualitas Anda harus tahu ciri-ciri website yang bagus untuk Anda pilih. Kemudian perhatikan juga jenisnya, lebih baik jangan memilih yang nofollow tapi dofollow.

Selain itu ada beberapa strategi yang bisa Anda gunakan supaya mendapatkan backlink yang berkualitas. Antara lain.

  • Langkah pertama adalah bangun kredibilitas website Anda. Oleh karena website yang berkualitas juga membutuhkan tautan menuju web berkualitas lainnya.
  • Buatlah konten yang berisi, lengkap, dan bisa menjawab pertanyaan pengunjung/ pencari. Jangan membuat konten yang hanya basa-basi tanpa memberikan solusi. Nantinya justru pengunjung malas untuk datang kembali ke website Anda.
  • Buat lah infografik yang akan membantu pengunjung yang malas membaca paragraf panjang. Oleh karena bisa lebih mudah untuk dipahami.
  • Membuat konten unik juga bisa membantu. Maksud dari konten unik adalah yang belum pernah dibuat website lainnya.
  • Selain dengan cara manual Anda juga bisa menggunakan tools backlink. Dengan tool ini Anda bisa mendapatkan website-website yang memiliki kualitas.
Apa itu Backlink dan Manfaatnya Untuk Website | Nisa | 4.5