Loading...

Cara Memilih Pintu Kayu Jati Berkualitas

Memiliki rumah yang indah dan elegan tidak hanya soal desain interior dan eksterior saja. Anda harus memastikan bahwa komponen utama rumah dalam kondisi prima dan sesuai dengan desain rumah. Salah satu bagian penting dalam rumah adalah pintu.

Ada banyak pintu yang bisa dipilih, mulai dari pintu yang terbuat dari kayu, pintu geser, pintu kaca, dan masih banyak lagi. Pintu kayu merupakan jenis yang paling banyak digunakan, terutama kayu jati, karena ia tahan lama dan memiliki bentuk yang menarik.

Apabila Anda ingin membeli pintu berbahan kayu jati, berikut adalah tips untuk menemukan pintu jati yang berkualitas dan tahan lama. Dengan mengikuti beberapa tips berikut, Anda tidak perlu bolak balik pergi ke tempat jual pintu kayu untuk mendapatkan penggantinya.

Perhatikan Tingkat Kekeringan Kayu

Hal pertama yang harus diperhatikan adalah tingkat kekeringan kayu jati yang dipilih. Pilih pintu yang terbuat dari kayu jati kering, dengan ini pintu tidak mudah rusak dan melengkung. Jika pintu melengkung, engsel tidak bisa digunakan dan pintu akan sulit dibuka.

Loading...

Perhatikan pula bentuk dan warna dari pintu kayu jati yang hendak dipilih, pastikan dalam serat kayunya tidak ada belang putih. Belang ini merupakan tanda bahwa serta kayu sudah lemah, sehingga lebih mudah diserang rayap.

Perhatikan Ukuran dan Tebal Pintu

Agar Anda tidak perlu membeli pintu lagi dalam jangka waktu pendek, perhatikan ukuran dan tebal pintu. Kalau perlu, ukur dulu sebelum melakukan pembelian. Anda juga bisa berkonsultasi dengan pengrajin yang jual pintu jati untuk menentukan ukuran yang tepat untuk pintu rumah.

Jika ukurannya salah, tentu Anda harus memotong pintu atau memilih pintu yang lain. sebagai referensi, Anda bisa memilih pintu kayu jati dengan ketebalan 3,5 cm sampai 4 cm, dengan begitu keamanan pintu lebih terjamin.

Warna yang Hidup

Berikutnya mengenai warna dari kayu jati yang Anda pilih, pastikan warnanya hidup dengan poti-poti yang padat. Warna kayu jati yang tua terlihat kuat dengan pigmen yang terbentuk, jika kayu jati berumur muda, warnanya cenderung pucat.

Dalam membeli pintu yang terbuat dari kayu, Anda juga harus memperhatikan bahwa pintu tidak terdapat gubal di dalamnya. Gubal merupakan bagian dari kayu jati yang menunjukkan kualitasnya tidak terlaku baik. Untuk jenis kayu jati yang berkualitas, harusnya gubal memiliki presentase dibawah 3 persen.

Demikianlah rekomendasi terkait dengan cara dan tips memilih pintu kayu jati yang berkualitas. Anda bisa menemukan pintu kayu jati dengan spesifikasi terseut di galeri meubel yang jual pintujati terpercaya. Pemakaian pintu kayu yang tepat, tidak hanya akan membuat rumah menarik, namun juga memberikan daya tahan yang baik pada rumah.

Loading...
Cara Memilih Pintu Kayu Jati Berkualitas | Makka El Fatih Setiawan | 4.5