Loading...

Cara Menghapus Halaman Kosong di Word dengan Mudah

Sering kali saat menggunakan Ms Word, akan muncul halaman kosong pada awal, tengah maupun akhir dokumen. Terkadang, halaman kosong tersebut muncul karena user tidak sengaja memencet tombol Enter.
Keberadaan halaman kosong dapat dianggap mengganggu untuk beberapa orang. Terlebih, jika dokumen akan diprint-out sehingga jumlah halaman akan bertambah.
Jika Anda sering mengalami hal ini, tak perlu pusing karena ada beberapa cara menghapus halaman kosong di Word yang bisa Anda coba dengan mudah.

Cara Menghapus Halaman Kosong di Word pada Windows
Seperti yang telah disinggung sebelumnya, bahwa halaman kosong bisa terdapat di mana saja. Bisa di awal, tengah dan juga akhir halaman, maka untuk menghapus halaman kosong di word pada perangkat bersistem operasi Windows, gunakan cara berikut ini:

Loading...
  1. Ketuk atau klik di mana saja pada halaman kosong yang ingin Anda delete, kemudian tekan tombol kombinasi Ctrl + G.
  2. Selanjutnya akan muncul kotak dialog Find and Replace, setelah itu ketik page pada kotak Enter page number.
  3. Tekan tombol Enter pada keyboard dan pilih Close.
  4. Pastikan bahwa halaman yang Anda pilih adalah halaman kosong yang ingin dihapus. Jika sudah diverifikasi, selanjutnya tekan Delete pada keyboard.
    Cara Menghapus Halaman Kosong di Akhir Halaman
    Halaman kosong yang muncul pada akhir konten memang sedikit mengganggu, contohnya saja ketika akan melakukan print out. Namun Anda tidak perlu khawatir, gunakan cara berikut ini untuk menghapus halaman kosong pada akhir konten.
  5. Klik tab Home, setelah itu pilih icon Show/Hide pada group Paragraph lalu klik tombol kombinasi Ctrl + Shift + 8.
  6. Kemudian akan muncul simbol bagian mana yang kosong, langsung saja tekan Ctrl + end pada keyboard untuk menuju ke akhir halaman yang kosong.
  7. Jika sudah, sorot simbol halaman kosong dan klik backspace atau delete untuk menghapusnya.
    Jika halaman kosong yang ingin Anda hapus lebih dari dua, maka gunakan tombol Ctrl + SHIFT + end untuk memilih semua halaman kosong pada baris dari posisi kursor sampai baris akhir Word.
    Cara Menghapus Halaman Kosong di Tengah Halaman
    Berbeda dengan menghapus halaman kosong di akhir, untuk menghapus halaman kosong pada tengah Anda dapat memanfaatkan fitur Navigation Pane. Berikut ini penjelasan lebih lengkapnya:
  8. Pilih tab View, kemudian pada group Show beri tanda centang pada kotak Navigation Pane.
  9. Setelah itu akan muncul sidebar Navigation, pilih Page lalu pilih halaman yang kosong menggunakan slider. Klik halaman kosong atau langsung tekan tombol backspace maupun delete untuk menghilangkan halaman kosong tersebut.
    Jadi itulah beberapa cara yang bisa Anda terapkan untuk menghapus halaman kosong pada word dengan mudah. Karena posisi halaman kosong bisa awal, tengah maupun akhir konten, maka pastikan Anda memilih cara yang tepat untuk menghapusnya.
Loading...
Cara Menghapus Halaman Kosong di Word dengan Mudah | Makka El Fatih Setiawan | 4.5