Cara Menyambung Pipa Patah Sendiri di Rumah

Masalah pipa patah memang sudah menjadi hal yang harus kamu dapati jika memiliki instalasi pipa air dirumah. Meski memakai sambungan pipa berkualitas, jika kamu memakai mesin air dengan kekuatan besar bisa saja aliran air akan memudahkan pipa mudah bocor disejumlah bagian.

Kebocoran akibat pipa patah akan membuat masalah diruangan rumah seperti kamar mandi atau saluran lainnya. Untuk mengatasi air yang membanjiri rumah, maka kamu harus segera mengambil tindakan seperti memanggil tukang atau memperbaikinya sendiri.

lem pipa

Jika sudah terpaksa tidak ada tukang yang membantu kamu, maka turun tangan sendiri adalah solusi paling jitu. Nah, untuk menyambung pipa patah dan memperbaikinya sendiri, berikut ini beberapa cara yang bisa kamu jalankan.

2 Cara Menyambung Pipa Patah

Untuk memperbaiki kebocoran air akibat patahnya sambungan pipa, kamu harus memiliki sedikit skill didalam menanganinya. Namun yang lebih penting adalah menyediakan semua peralatan lebih dulu sebelum mengeksekusinya sendiri. Inilah beberap cara yang bisa kamu pilih untuk mengatasinya.

Gunakan Lem Pipa

Cara pertama untuk mengatasi kebocoran pipa air adalah menyambungnya dengan sambungan baru dengan memotong di bagian pipa yang pecah atau bocor. Untuk memulainya silahkan siapkan alat seperti kunci inggris, sambungan pipa, selotip, dan lem pipa berkualitas. Inilah langkahnya:

  • Biasanya saluran pipa air dirumah memang ukurannya lebih kecil dibandingkan saluran diluar rumah. Silahkan siapkan pipa air yang ukurannya lebih besar supaya mudah untuk menyambungkan. Sambungkan kedua bagia pipa memakai sambungan yang bermerk agar tidak mudah bocor.
  • Setelah kedua bagian dipotong dan dibersihkan, sesuaikan perbandingan ukuran pipa supaya pas saat disambung dan diberikan lem pipa.
  • Karena kedua ukuran pipa berbeda, gunakan selotip untuk mempererat sambungan. Dan masukkan pipa yang lebih kecil ke pipa yang lebih besar.
  • Berikan lem lebih banyak disambungannya, biarkan kering kurang lebih dua jam.

Jika sudah kering silahkan mencoba mengalirkan air yang melewati sambungan tersebut. Jika tidak rembes maka sambungan memakai lem pipa dan selotip dijamin sudah berhasil serta aman untuk saluran air kamu.

Memanaskan Pipa

Cara kedua adalah memanaskan pipa jika pipa yang patah memang berada disudut tertentu. Tujuan memanaskan pipa adalah membuat salah satu bagian pipa menjadi longgar ketika bagian yang pecah sudah terpotong dan ingin menyambungkan kembali. Berikut caranya:

  • Silahkan potong lebih dulu bagian yang pecah. Dan bersihkan kedua bagian yang akan disambungkan.
  • Panaskan salah satu ujung potongan pipa dengan cara dibakar agar pipa tersebut lentur.
  • Jika sudah lentur, silahkan masukkan perlahan pipa satunya ke yang pipa yang sudah lentur tersebut.
  • Biarkan sampai dingin dalam beberapa saat hingga kedua pipa tersambung maksimal. Untuk memperkuat sambunganya, bisa mengolesinya dengan lem pipa.

Nah itulah dua cara termudah untuk menyambung pipa dirumah tanpa memakai sambungan pipa. Untuk lebih memaksimalkan hasilnya, silahkan pastikan lebih dulu air tidak rembes baru gunakan kembali instalasi pipa air tersebut setelah lem kering.

Cara Menyambung Pipa Patah Sendiri di Rumah | Yodik | 4.5