Loading...

Manfaat Pelapis Epoxy Lantai yang Perlu Dipahami Pemilik Rumah

Epoxy merupakan sebuah bahan yang mempunyai fungsi untuk melapisi lantai beton. Sering kali kita rancu terhadap istilah pelapis epoxy dan cat epoxy. Secara sekilas keduanya hampir sama, namun sebenarnya terdapat perbedaan dari istilah keduanya.

Cat epoxy, jika dilihat dari segi material adalah sebuah produk akrilik lateks yang mempunyai sejumlah kecil epoxy yang berada dalam campurannya. Produk ini mempunyai daya lekat yang lebih jika dibandingkan dengan cat akrilik pada umumnya.

Sedangkan untuk pelapis lantai epoxy adalah dua bahan yang terdiri dari resin epoxy dan penguat poliamina. Sebelum anda mengaplikasikan pelapis epoxy lantai, kedua bahan tersebut harus anda campurkan terlebih dahulu. Pelapis ini mempunyai sifat yang lebih cepat kering dan juga lebih tahan dari pewarnaan.

Perbedaan Dalam Ketahanan dan Pengaplikasian

Jika menggunakan cat, biasanya akan lebih mudah diaplikasikan jika dibandingkan dengan menggunakan pelapis. Dengan menggunakan cat, anda hanya perlu mencuci permukaan lantai beton saja, dan biarkan hingga mengering. Selanjutnya anda bisa menggunakan satu hingga dua lapisan cat. Untuk hasilnya sementara lantai akan terlihat lebih bagus dan juga mudah untuk dikerjakan. Namun jika dilihat dalam beberapa bulan, beton telanjang akan terlihat kusam karena lapisan cat mulai luntur. Selain itu, cat juga akan lebih mudah mengelupas.

Loading...

Sedangkan untuk lapisan epoxy lantai mempunyai ketahanan yang lebih jika dibandingkan dengan cat epoxy. Sistem ini akan lebih tahan lama serta tahan pada tempat yang mempunyai lalu lintas yang padat.

Pelapis tidak mempunyai pori sehingga tidak mudah mengelupas dan juga tidak licin. Akan tetapi untuk proses pelapisannya membutuhkan proses yang lumayan lama. Mulai dari persiapan, memberikan lapisan primer hingga tahapan finishing.

Beberapa Manfaat Pelapis Epoxy Lantai

Untuk anda yang mungkin masih penasaran kira-kira apa saja manfaat menggunakan pelapis epoxy? berikut ini akan kami berikan beberapa manfaatnya.

Mempunyai Daya Tahan Yang Lebih Baik

Lantai beton yang diberikan lapisan epoxy akan mampu bertana lebih lama jika dibandingkan dengan lantai beton yang dilapisi dengan menggunakan cat biasa.

Lebih Kuat dan Tahan Lama

Setelah lapisan epoxy dirubah menjadi sebuah polimer paday, maka lapisan epoxy akan menjadi sangat kuat dan bisa mencegah terjadinya kerusakan kimia.

Lebih Menghemat Waktu

Pelapis lantai epoxy cepat dan sangat mudah dipasang. Dengan begitu maka akan sedikit membutuhkan waktu untuk menghentikan proses produksi pada saat proses epoxy lantai.

Mempunyai Nilai Estetika Yang Tinggi

Pelapis epoxy mempunyai banyak pilihan warna dan juga pola, jadi anda bisa memilih sesuai dengan keinginan anda.

Tahan Terhadap Korosi dan Juga Bahan Kimia

Kelebihan pelapis epoxy selanjutnya adalah lebih tahan terhadap bahan kimia, jadi sangat cocok digunakan untuk lantai gudang yang mungkin saja sering terkena paparan bahan kimia.

Itulah beberapa manfaat pelapis epoxy lantai yang perlu untuk anda ketahui. Selanjutnya tinggal anda mencari jasa epoxy lantai yang terdekat dikota anda.

Loading...
Manfaat Pelapis Epoxy Lantai yang Perlu Dipahami Pemilik Rumah | Nie Na | 4.5