Loading...

5 Tips Agar Baterai Smartphone Tetap Awet

Tips Agar Baterai Smartphone Tetap Awet – Smartphone atau ponsel pintar merupakan perangkat yang sangat populer di era teknologi informasi seperti saat ini, hal tersebut tidaklah mengherankan karena perangkat berdimensi mungil yang satu ini mampu melakukan berbagai macam fungsi yang sangat beragam. Selain sebagai alat komunikasi, ternyata smartphone juga bisa digunakan untuk berselancar di dunia maya, bermain game, menontin film, bertransaksi bisnis, dan sebagainya yang mana tentu sangat berguna dalam menjalankan aktivitas sehari-hari.

Sama seperti perangkat elektronik yang lainnya, smartphone juga membutuhkan baterai sebagai sumber tenaganya. Baterai sendiri menjadi salah satu komponen hardware yang sangat penting pada sebuah smartphone, pasalnya tanpa baterai tentu saja sebuah smartphone tidak bisa digunakan. Namun sayangnya masih banyak pengguna smartphone yang belum menggunakan smartphone-nya dengan benar sehingga mempengaruhi kondisi baterainya, pada kesempatan kali ini akan kami berikan 5 tips agar baterai smartphone tetap awet.

5 Tips Agar Baterai Smartphone Tetap Awet

1. Segera Cabut Jika Baterai Telah Penuh

Tips pertama yang bisa Anda ikuti agar baterai smartphone tetap awet adalah dengan segera mencabut smartphone dari charger jika baterai telah terisi penuh. Ada banyak sekali pengguna smartphone yang membiarkan smartphone-nya tetap terhubung dengan charger meskipun baterai sudah penuh, perlu Anda ketahui bahwa hal ini akan bisa membuat baterai menjadi bocor.

Loading...

2. Menggunakan Charger Bawaan

Masalah charger sering dianggap remeh oleh para pengguna Android di mana mereka sering menggunakan charger yang bukan bawaan smartphone tersebut, padahal perlu Anda ketahui bahwa salah memilih charger akan bisa mengurangi usia pemakaian baterai smartphone Anda. Oleh karena itulah maka alangkah baiknya jika Anda selalu menggunakan charger bawaan atau charger yang original.

3. Tidak Menggunakan Smartphone Saat Dicharge

Tips ketiga yang bisa Anda ikuti agar baterai smartphone tetap awet yakni dengan tidak menggunakan smartphone pada saat sedang dicharge, hal yang satu ini masih sering diabaikan oleh para pengguna smartphone. Padahal menggunakan smartphone saat sedang dicharge akan membuat kinerja smartphone menjadi terbebani dan pada akhirnya akan membuat baterai menjadi cepat panas dan rusak.

4. Tidak Meletakkan Smartphone Pada Suhu Ekstrem

Tips berikutnya yang juga bisa Anda lakukan agar baterai smartphone bisa bertahan lama adalah tidak meletakkan smartphone pada suhu ekstrem. Yang dimaksud dengan suhu ekstrem di sini adalah suhu yang terlalu panas ataupun terlalu dingin, Anda tidak boleh meletakkan smartphone di sembarang tempat seperti di lemari es yang dingin ataupun di luar ruangan yang terkena sinar matahari langsung.

5. Tidak Menggunakan Smartphone Terus Menerus

Saat ini ada banyak orang yang kecanduan smartphone, padahal hal tersebut tidaklah baik karena akan bisa memberikan dampak yang buruk. Selain berbahaya bagi kesehatan tubuh, ternyata kecanduan smartphone juga bisa merusak perangkat itu sendiri. Pasalnya smartphone yang digunakan secara terus menerus akan bisa membuat smartphone menjadi panas dan merusak baterai serta komponen lainnya.

Apabila Anda ingin menjaga baterai smartphone agar tetap awet, maka tidak ada salahnya jika Anda mengikuti beberapa tips yang ada di atas.

Loading...
5 Tips Agar Baterai Smartphone Tetap Awet | Makka El Fatih Setiawan | 4.5