Loading...

Ingin Beli Laptop Baru? Perhatikan 7 Hal Berikut Ini!

Apabila anda memutuskan ingin membeli sebuah laptop baru, ada banyak laptop dengan spesifikasi beragam dan dijual dengan harga yang cukup variatif untuk tiap merek dan serinya. Hanya saja terkadang banyaknya pilihan laptop yang tersedia di pasaran membuat calon pembelinya kebingungan dalam menentukan laptop yang seperti apa yang seharusnya dibeli untuk menunjang kebutuhan harian anda. Oleh karena itu anda yang bermaksud akan membeli laptop baru sebaiknya memperhatikan beberapa hal seperti berikut ini.

Perangkat laptop jika melihat dari sisi fungsinya memang memberikan kemanfaatan yang sangat banyak sekali. Selain menjadi alat penunjang dalam mempermudah penyelesaian beragam tugas dalam lingkup pekerjaan dan aktivitas, laptop tentunya menjadi perangkat penyimpanan data penting, alat komunikasi, media editing foto, video dan desain, media hiburan, dan lain sebagainya.

Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Beli Laptop Baru

7 Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Beli Laptop Baru

  1. Tampilan Laptop

Berbicara soal tampilan berarti hubungannya adalah dengan desain perangkat komputer lipat yang ditawarkan. Saat ini telah hadir laptop dengan bekalan teknologi inovasi yang jauh lebih mutakhir untuk urusan desainnya. Selain bodinya yang lebih ramping laptop jaman now juga ada yang sudah bisa flip atau dilipat pada layarnya, mode 2 in 1 di mana bisa menjadi laptop atau tablet dan layar sentuh.

Desain futuristik pada laptop menjadi salah satu poin penarik perhatian bagi para calon pembelinya. Namun begitu dalam membeli laptop baru hal yang lebih utama harus diperhatikan adalah ketahanan perangkat tersebut. Jadi, sebaiknya prioritaskan pada kesolidan perangkat laptop sebelum berfokus pada sisi tampilannya.

  1. Papan Ketik

Papan ketik atau keyboard pada laptop juga menjadi bagian yang harus diperhatikan ketika membeli laptop baru. Pastika anda telah menjajal bagian keyboard laptop sebelum memutuskan membelinya. Jika dirasa keyboard laptop nyaman saat digunakan mengetik, responsif, dan solid maka anda bisa mantap membeli laptop tersebut.

Loading...
  1. Ketahanan Baterai

Tidak bisa dipungkiri bahwa baterai menjadi penunjang penting dalam kinerja laptop. Sebaik apapun teknologi yang disematkan pada laptop apabila bagian baterainya tidak powerful alias mudah drop tentu akan bermasalah pada penggunaan laptop itu sendiri. Terlebih bagi anda yang suka bepergian dengan membawa laptop dan menggunakannya di tempat di mana jauh dengan colokan, anda tentu membutuhkan laptop dengan kapasitas baterai besar dan tahan lama. Teknologi baterai laptop saat ini juga sudah menerapkan fitur fast charging seperti halnya pada smartphone. Sebaiknya anda pilih laptop yang tidak hanya memiliki spesifikasi sesuai kebutuhan tetapi juga kapasitas baterai yang besar dan sudah fast charging.

  1. Screen Quality

Kualitas layar laptop juga jangan dianggap remeh. Bagian yang menampilkan bentuk visual dari hasil kinerja mesin pacu dan input device pada laptop ini akan memberikan kenyamanan tersendiri bagi penggunanya. Pilihlah laptop dengan jenis layar, resolusi, dan sudut pandang layar terbaik, tentunya disesuaikan dengan anggaran belanja laptop baru yang anda miliki.

  1. Kelengkapan Koneksi

Pastikan laptop yang akan dibeli telah dilengkapi dengan konektivitas yang lengkap dari mulai koneksi wifi, port usb, lan dan hdmi/vga. Kelengkapan konektivitas ini akan sangat membantu anda dalam mempermudah berbagai penyelesaian tugas terlebih di era internet seperti sekarang ini, konektivitas pada laptop sudah menjadi kelengkapan yang harus tersematkan pada perangkat tersebut.

  1. CPU yang disesuaikan

Maksudnya adalah pemilihan laptop degan prosesor yang sesuai kebutuhan penggunanya. Semakin tinggi kelas prosesor yang ditanamkan pada perangkat laptop maka harga yang dibandrol juga tidak lagi murah. Agar tetap bersahabat dengan budget yang anda miliki sebaiknya laptop yang akan dibeli benar-benar disesuaikan dengan tingkat kebutuhan penggunanya. Hanya saja untuk urusan pilihan prosesor, sebaiknya anda lebih memilih prosesor intel ketimbang AMD sebab kinerjanya jauh lebih baik saat dioperasikan.

  1. RAM Capacity

Terakhir adalah bagian Random Access Memory atau RAM. Laptop dengan kapasitas RAM yang besar akan memberikan dampak positif pada kinerja laptop sehingga performanya akan lebih gesit. Disarankan untuk membeli laptop yang telah dibekali dengan kapasitas RAM setidaknya 4 GB agar laptop anti lemot. Apalagi jika sistem operasi yang dipasang pada laptop sudah di versi windows 10, minimal RAM 4 GB sudah menjadi standar keharusan untuk menjalankan OS ini.

Itulah beberapa Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Beli Laptop Baru. Jangan lupa untuk perhatikan juga soal garansi laptop. Jangan membeli laptop baru jika tidak dilengkapi dengan garansi resminya sebab ketika anda membeli laptop baru dengan tanpa ada garansi maka disaat laptop mengalami kendala berupa kerusakan perangkat kerasnya akibat kesalahan dari bawaan pabriknya maka anda tidak bisa menukarnya dengan yang baru atau memperbaikinya secara gratis.

Loading...
Ingin Beli Laptop Baru? Perhatikan 7 Hal Berikut Ini! | Farid | 4.5