Loading...

Program B-Smart Pentol Tampulu Karya SBC Semakin Dikenal

Berbagai upaya terus dilakukan dalam membantu perekonomian warga di masyarakat Bumi Sanggam. Upaya-upaya tersebut dilakukan oleh banyak organisasi sosial, SBC (Sahabat Balangan Center) adalah salah satunya yang peduli dengan hal tersebut. SBC memberikan banyak bantuan seperti dalam kesehatan, bangunan rumah untuk tempat tinggal, beasiswa, sembako atau pun relawan donor darah.

Usaha-usaha tersebut sudah mulai dioperasikan dari bulan Agustus 2019 kemaren. Salah satu upaya dalam meningkatkan perekonomian rumah tangga tersebut diantaranya adalah lewat program B-Smart alias Balangan Solutions Mart. Program ini adalah hasil karya dari SBC (Sahabat Balangan Center) dengan produknya yaitu Pentol tampulu.

Dewi Purwanit sekaligus ketua dari SBC (Sahabat Balangan Center) menilah bahwa kegiatan di B-Smart atau di Balangan Solution Mart tersebut merupakan salah satu usaha untuk ikut berkontribusi dalam membantu perekonomian rumah tangga tanpa ada kewajiban dengan tingkat pendidikan atau bahkan jika tidak memiliki skill.

Menurutnya bahkan untuk para anggota SBC yang memiliki karya entah itu sebuah produk atau apapun bisa dititipkan disana untuk mempermudah pemasaran serta penjualan produk dari beberapa titik sebar yang telah ada.

Beliau mengatakan “Mereka kami pinjami gerobak, kompor, panci dan kami titipkan usaha Pentolan Bakso (Pentol) dengan berbagai varian. Yang kami beri nama Pentol Tampulu (Pentol Bakso Aji Mumpung ; Red),”

Loading...

Dari berbagai usaha yang dijalankan penjual yang sudah dititipkan produk disana telah mendapatkan banyak keuntungan dari hasil usahanya. Ada yang untung 750rb rupiah dan banyak juga yang lebih dari itu.

“Sementara kita sudah memiliki sebaran sekitar 38 gerobak Pentol Tampulu di delapan kecamatan yang ada di wilayah Kabupaten Balangan hingga Kabupaten Hulu Sungai Tengah,” jelasnya.

Dewi melanjutkan bahwa langkah-langkah yang dilakukannya tersebut adalah dalam rangka membantu lowongan kerja sebanyak-banyaknya untuk banyak keluarga disana. Mudah-mudahan bisa menjadi penghasilan tetap demi menggerakan roda ekonomi keluarga.

“Hasil dari keuntungan tersebut kita salurkan pula dalam kas Sahabat Balangan Centre (SBC) untuk membantu warga kita yang patut untuk dibantu. Jadi bukan hanya penjual, bahkan pembelipun telah membantu berdonasi untuk warga yang patut dibantu,” ujar Dewi.

Program ini luar biasa karena memang banyak sekali program-program yang sangat bermanfaat. Seperti misalnya program bedah dan bangun rumah. Dengan program ini rumah-rumah yang tidak layak akan mendapat bantuan untuk dibangunkan sehingga bisa layak pakai.

Program selanjutnya adalah beasiswa untuk mahasiswa dan pelajar. Jadi ini diharapkan bisa mengantisipasi banyak siswa yang putus sekolah karena tak punya biaya cukup. Karena seperti yang kita tahu bersama, saat ini pendidikan sifatnya sangat-sangat vital.

Selanjutnya ada program bantuan untuk orang sakit serta relawan donor darah. Ini juga sangat-sangat bermanfaat apalagi mereka yang sakit akan sangat terbantu karena memang tidak sedikit yang merasa bingung akan biaya yang harus ditanggung ketika sakit.

Bantuan lainnya berupa modal dan juga pembinaan usaha. Ini juga sangat bagus karena dengan ini akan tercipta pebisnis yang nantinya bisa membuka lowongan kerja. Semua itu berkat para relawan melalui Sahabat Balangan Centre (SBC).

“Diantaranya, bermula dari hasil pemanfaatan group dan halaman FB dan IG Habar Balangan (meliputi: FB Habar Balangan, FB Sahabat Balangan Centre, FB Balangan Solution Mart (B-Smart), IG Habar Balangan), kemudian UKM SBC Pentol Tampulu, Iuran anggota Rp10 ribu/bulan, dan sumbangan langsung,” ujarnya.

 

Loading...
Program B-Smart Pentol Tampulu Karya SBC Semakin Dikenal | Makka El Fatih Setiawan | 4.5