Manfaat Air Purifier Yang Orang Tidak Tahu – Bisa Bersihkan Ruangan Dari Virus

Pandemi yang berjalan hampir 2 tahun ini mendorong masyarakat untuk selalu memperhatikan kebersihan, termasuk kebersihan ruangan dari bau dan polusi. Tidak heran kalau banyak dari masyarakat yang berbondong-bondong membeli air purifier. Produk ini diklaim mampu menyaring udara sampai partikel yang sangat kecil, termasuk virus Covid-19. Nah, selain virus, apa saja manfaat air purifier? Dan bagaimana cara kerjanya?

Cara Kerja Air Purifier

Air purifier ini sejatinya merupakan pembersih udara yang tidak hanya menghilangkan bau tapi juga berbagai polutan, racun, allergen, bakteri, virus dan jamur. Yang pasti, air purifier ini akan menyerap semua bau dan juga partikel lainnya. Jadi cara kerjanya berkebalikan dengan diffusers yang merupakan pewangi atau pelembab minyak esensial.

Pembersih udara ini disebut bekerja dengan cara yang berbeda dari filter biasa. Selain itu, jenis filter ini juga bermacam-macam. Ada filter yang didesain khusus untuk menjebak partikel di udara. Sementara itu, produk lainnya bekerja dengan cara menetralkan tanpa menyaringnya terlebih dahulu.

Air purifier yang sekarang digandrungi masyarakat adalah yang mampu memancarkan ion negatif dan menarik ion positif. Sehingga alat ini jauh lebih efektif kalau nantinya dikombinasikan dengan filter.

Apa Saja Manfaat Air Purifier?

Karena air purifier ini bekerja dengan cara menetralkan udara, maka tidak heran kalau manfaatnya juga merembet ke kesehatan. Pembersih udara modern tidak hanya dilengkapi kipas, tapi juga filter yang bisa membantu membuat udara jadi lebih segar, bebas bau dan kuman. Selain itu, alat ini juga mampu melakukan hal-hal berikut ini:

Melindungi dari Allergen

Udara kerap jadi permasalah utama bagi penderita alergi. Hal ini dikarenakan kebanyakan alergen sering bertebaran di udara. Banyak pengguna pembersih udara ini merasakan manfaat alat ini karena alergi jadi jauh berkurang sehingga resiko munculnya gejala alergi bisa ditekan. Alat ini sangat efektif terutama untuk orang-orang yang alergi debu, serbuk bunga, hingga rambut hewan.

Mengurangi Pemicu Asma

Tidak ada yang menyangka kalau rumah kerap menjadi pemicu utama asma karena sirkulasi udara yang kurang baik. Ditambah lagi dengan kehadiran karbon monoksida, sel kulit kering, kotoran, deb, semprotan hingga pembersih rumah tangga. Pemicu asma ini sangat banyak, bahkan kecoa dan spora jamur bisa jadi penyebab utama. Apabila partikel-partikel ini terhirup, maka gejala asma akan mulai muncul. Oleh karena itu, penggunaan air purifier ini akan sangat membantu dalam membersihkan kotoran yang ada di udara.

Membersihkan Asap Rokok Di Udara

Bagi orang yang menghirup asap dari perokok jauh lebih berbahaya. Hal ini menyebabkan penyakit paru obstruktif kronik hingga penyakit jantung. Selain infeksi saluran pernapasan, perokok pasif juga berpotensi menderita infeksi telinga, bronkitis, pneumonia hingga asma.

Resiko penyakit di atas jauh lebih besar pada anak-anak karena organ pernapasan masih pada tingkat perkembangan. Apabila asap rokok ini lebih banyak terpapar pada orangtua, ia memiliki resiko lebih besar mengalami demensia.

Penggunaan air purifier ini disinyalir mampu meminimalisir resiko yang dihadapi perokok pasif. Ini dikarenakan filter HEPA serta karbon aktif yang dipakai pada air purifier sehingga mampu menyerap partikel sampai 0,3 mikron. Sementa pastikel asap rokok sendiri terdiri dari 4-0,01 mikron. Dari angka ini, sudah jelas berarti asap rokok sebagian sudah diserap oleh alat pembersih udara ini.

Mengurangi Resiko Kanker Paru

Tahukah Anda, penyebab utama kanker paru-paru adalah gas radon. Gas ini ternyata merupakan kombinasi alami uranium yang terdapat pada tanah, air, dan bebatuan. Lebih parahnya lagi, gas ini dengan mudah terdapat di area perkantoran, dan rumah seperti area dinding, lubang pembuangan, kabel listrik, dan lantai. Karena itulah, setiap orang memiliki resiko terkena kanker paru-paru yang lumayan besar. Hal ini terkait dengan data yang menunjukkan sebanyak 15.000-22.000 kematian akibat kanker paru-paru disebabkan oleh radon.

Drew Care Air Purifier

Kalau Anda mencari air purifier dengan teknologi paling modern dan terkini, Drew Care Air Purifier menawarkan efektifitas pembersih udara dengan berbagai fitur yang memudahkan. Berikut ini adalah fitur-fitur yang ada pada alat pembersih udara Drew Care:

Fitur HEPA

Tahukah Anda, bagian terpenting dari sebuah alat pembersih udara yang bisa menyaring partikel virus adalah filter HEPA 13. Filter ini memiliki kemampuan untuk memurnikan udara sampai 99,97% karena filter ini dikombinasikan dengan filter karbon agar efektifitasnya dalam menyerap bau, bakteri, jamur, virus, pollen, asap rokok dsb bisa maksimal.

UVC Light

Penyerapan partikel virus ternyata tidak cukup kalau tidak sekaligus mematikannya. UVC light ini berfungsi sebagai “virus prevention” yang dipakai untuk mensterilkan udara dan menonaktifkan virus. Dengan filter ini juga bau tidak sedap bisa lenyap dan polutan bisa hilang sehingga udara jadi jauh lebih segar.

Hemat Energi

Perlu Anda ingat, air purifier akan bekerja lebih optimal kalau Anda menyalakannya selama 24 jam. Alat pembersih udara ini hadir dengan watt yang kecil tergantung tipe yang Anda pilih. Ada yang 38 watt ada yang 45 watt. Tersedia juga timer yang bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan.

Fitur Sleep Mode

Fitur lain yang tidak kalah menarik adalah “sleep mode”. Fitur ini memungkinkan alat bekerja tanpa mengeluarkan suara yang mengganggu di malam hari. Jadi, tidur Anda pun jadi lebih nyenyak.

Anda bisa memilih pembersih udara ini sesuai dengan kebutuhan. Kalau Anda memiliki ruangan yang luas sekitar 20 meter persegi, sangat disarankan memakai Drew Pure 3 Air Purifier. Selebihnya, Anda bisa memilih rangkaian produk yang disesuaikan untuk kebutuhan.

Bagaimana Agar Air Purifier Bisa Awet dan Kerjanya Maksimal?

Agar kinerja alat pembersih udara awet, pastikan Anda memasangnya secara tepat dan merawatnya dengan benar. Lakukan hal-hal berikut ini:

  • Jangan memasang di area yang penuh penghalang. Memasang air purifier di area seperti ini tidak akan membersihkan ruangan dengan maksimal karena sirkulasi udara tertutup.
  • Ganti atau cuci filter secara teratur. Anda bisa mengecek di kemasan produk bagaimana cara mengganti filter atau menggantinya. Filter ini sangat penting karena dari sini semua partikel polutan, virus, bakteri, dan allergen tersimpan. Ada filter yang bisa dicuci, dan ada yang diganti.
  • Tutup seluruh ruangan agar udara di dalam ruangan cepat bersih. Membuka ruangan sambil menyalakan pembersih udara tidak akan memaksimalkan kinerjanya karena udara kotor tetap masuk dari luar.
  • Jangan lupa membaca buku panduan. Baiknya sebelum Anda menggunakan produk ini, Anda membaca buku panduan/manual yang ada di dalam kardus kemasan. Dari sini Anda bisa mengetahui bagaimana produk ini bekerja dan bagaimana cara memasangnya. Selain itu, dengan adanya buku panduan, Anda bisa mengetahui cara mengoperasikan dengan benar, cara membersihkan, tempat servis dan garansi.
Manfaat Air Purifier Yang Orang Tidak Tahu – Bisa Bersihkan Ruangan Dari Virus | Makka El Fatih Setiawan | 4.5