Loading...

Penyebab Gatal Pada Bayi Dan Cara Mengatasinya

Aktivitas fisik yang dilakukan oleh bayi mungkin terlihat ringan namun hal itu bisa menyebabkan banyak sekali gangguan kesehatan misalnya saja gatal. Bayi yang mengalami gatal atau ruam-ruam pada tubuhnya terkadang menjadi lebih sensitif dan rentan. Tidak jarang juga bayi tersebut lebih mudah menangis dan merasa tidak nyaman di lingkungannya. Sebagai seorang ibu dan orang tua bayi tentu saja anda tidak boleh membiarkan bayi anda mengalami gatal-gatal tersebut. Anda bisa melakukan berbagai cara khususnya untuk mengurangi rasa gatal yang diderita oleh bayi anda namun sebelum itu tidak ada salahnya apabila anda mengkroscek apa saja hal-hal yang menjadi pemicu gatal pada bayi anda.

Nah kali ini kami akan memberikan sebuah artikel dengan judul Penyebab Gatal Pada Bayi Dan Cara Mengatasinya, artikel ini cocok untuk dibaca bagi anda pada orang tua yang terkadang bingung bagaimana cara mengatasi gatal pada bayi. Informasi ini sudah dirangkum dari berbagai sumber yang valid serta literasi yang jelas sehingga sudah tidak lagi diragukan dan berikut informasinya khusus untuk anda.

  1. Biang keringat

Biang keringat yang terjadi pada bayi bisa menyebabkan bayi mengalami gatal-gatal biang keringat ini biasanya diderita oleh bayi pada bagian leher wajah bokong, serta bagian punggung yang rentan karena terkena baju ataupun popok. Jika gatal pada bayi disebabkan oleh biang keringat maka yang perlu anda lakukan adalah pastikan untuk menggunakan pakaian longgar bagi bayi anda sehingga sirkulasi udara menjadi lancar dan kulit bayi anda tidak lembab atau au terjebak keringat. Anda juga bisa menggun akan krim bayi yang banyak tersedia di pasaran krim krim bayi ini biasanya mengandung anti iritasi sehingga akan melindungi kulit bayi anda dari gatal-gatal serta ruam.

Loading...
  1. Intertrigo

Intertrigo biasanya terjadi pada bayi yang agak gemuk, dan muncul di daerah lipatan lipatan pada bayi misalnya saja lipatan paha, lipatan ketiak lipatan perut, serta lipatan lengan. Hal ini terjadi karena bagian-bagian tersebut tidak terjadi sirkulasi udara yang baik sehingga gesekan terjadi pada tubuh bayi. Untuk mengobatinya tidak perlu menggunakan krim krim khusus anda hanya perlu mencuci bagian-bagian tersebut dengan menggunakan air lalu keringkan dan angin-anginkan sebentar. Bila perlu gunakan bedak agar kulit bayi tetap kering serta lembab.

  1. Eksim

Eksim pada bayi biasanya terjadi di usia 3 bulan sampai 4 bulan. Eksim ini menyebabkan gatal karena memang bentuknya yang tidak hanya ruam ataupun kemerahan, tetapi juga terdapat gelembung kecil yang berisi air. Eksim pada bayi biasanya terjadi karena kurangnya kelembaban di kulit bayi yang bisa terjadi di area mana saja di kulit bayi anda. Untuk dapat mengobati eksim ini di anjurkan anda untuk mendatangi dokter ataupun pusat fasilitas pelayanan kesehatan lainnya karena eksim pada bayi cukup sensitif dan harus mendapatkan penanganan yang tepat.

  1. Dermatitis

Dermatitis yang terjadi pada bayi serta mengakibatkan ruam, kemerahan, gatal, serta bagian kulit yang mungkin saja terkelupas biasanya disebabkan oleh bahan-bahan pemicu alergi. Mengingat kulit bayi sangat sensitif, maka bahan-bahan kimia yang cenderung kuat dan berbahaya biasanya menimbulkan reaksi berupa dermatitis atau ruam kemerahan pada kulit bayi untuk dapat mencegahnya anda bisa membaca terlebih dahulu bahan-bahan yang anda gunakan pada bayi anda misalnya saja bedak baby oil, krim tubuh, serta pelembab lainnya yang mungkin anda gunakan pada bayi anda. Saran yang kedua yaitu segeralah kunjungi dokter atau praktisi medis lainnya karena hal itu untuk membantu anda mengetahui pemicu alergi pada bayi anda sehingga anda bisa melakukan tindakan preventif atau pencegahan di kemudian hari.

Setelah kita mengetahui apa saja Penyebab Gatal Pada Bayi Dan Cara Mengatasinya sehingga kita lebih mudah untuk menangani kejadian gatal yang dialami oleh bayi kita. Ilmu ini juga sangat penting dan sangat bermanfaat untuk anda terutama bagi anda yang memiliki bayi. Silakan bagikan tips ataupun cara-cara di bawah ini sehingga makin banyak menebar manfaat. Kami akan kembali dengan informasi yang lainnya selamat mencoba.

Loading...
Penyebab Gatal Pada Bayi Dan Cara Mengatasinya | Syella | 4.5