PT GBP Guna Berkah Propertindo Bedah Untung Rugi Beli Apartemen

PT GBP Guna Berkah Propertindo secara khusus membahas untung rugi membeli apartemen dibanding membeli rumah. Jika membicarakan tentang hunian paling aman, nyaman dan memenuhi kebutuhan.

Maka setiap orang pasti punya kebutuhan dan referensi berbeda. Seperti ketika anda bingung antara beli rumah atau apartemen ? Jika sampai saat ini anda masih belum bisa menemukan pilihan tepat antara keduanya.

Maka, anda bisa mendengar jawaban paling logis dari PT Guna Berkah Propertindo ini. Sebab ada plus dan minus antara rumah dan apartemen ini. Agar anda bisa memilih hunian paling tepat, maka anda harus tahu apa saja perbandingan antara dua jenis hunian tersebut.

Perbandingan Beli Rumah Atau Apartemen Menurut PT Guna Berkah Propertindo

Sebelum anda memilih antara beli rumah atau apartemen, maka anda harus tahu apa fokus dari kebutuhan anda. Jika anda tidak bisa menentukan sendiri pilihan tersebut, maka PT GBP menyediakan beberapa indikator. Indikator tersebut bisa anda gunakan untuk membantu menentukan pilihan anda nantinya.

Tentu saja indikator ini akan membuat anda mengetahui pilihan terbaik antara beli rumah atau apartemen. Sebab, masing-masing orang hasilnya akan berbeda-beda. Hal ini tergantung apa yang anda butuhkan. Berikut indikator penting tersebut:

Plus dan Minus Rumah vs Apartemen

Setiap hunian termasuk rumah dan apartemen ini memiliki kekurangan dan kelebihannya. Anda harus cari tahu terlebih dahulu apa kekurangan dan kelebihan masing-masing jenis hunian tersebut. Misalnya jika anda ingin hunian dengan lokasi lebih strategis dan modern. Maka anda bisa membeli apartemen. Namun, jika anda ingin hunian yang lebih tepat bagi penghuni yang ramai atau keluarga besar. Maka anda bisa membeli rumah.

Tentukan Kebutuhan Anda

Kemudian, anda juga harus tahu apa kebutuhan anda saat ini dan kedepannya? Apakah anda berencana untuk mengambil sebuah hunian bagi keluarga? Atau, apakah anda butuh hunian yang cocok dan strategis saat anda bekerja? Jenis kebutuhan anda ini juga bisa membantu anda menentukan pilihan anda.

Jenis Kepemilikan Atas Bangunan

Anda juga harus tahu jika jenis kepemilikan atas bangunan antara rumah dan apartemen berbeda. Jika anda membeli rumah, maka anda mendapatkan SHM alias Sertifikat Hak Milik. Itu berarti bangunan dan sebagian tanah (sekitar rumah) seperti yang tercantum di SHM milik anda seutuhnya.

Tidak ada yang bisa mengganggu gugat hak milik anda atas rumah tersebut di kemudian hari. Sedangkan untuk apartemen, karena dibangun pada lokasi yang sama. Dimana bangunana berupa rumah tumbuh (bertingkat) maka yang anda dapatkan hanya SHGB atau Sertifikat Hak Guna Bangunan.

Berbeda dengan SHM, SHGB ini memiliki waktu yang berjangka. Paling lama adalah 5 tahun, jika sudah melewati batas maka anda harus urus kembali agar bisa mendapatkan SHGB atas apartemen tersebut.

Modal Pembelian

Poin terakhir tentang hal yang bisa menentukan pilihan anda antara beli rumah atau apartemen adalah budget atau modal. Jika modal anda sedikit maka anda sebaiknya mencari lokasi rumah yang harganya jauh lebih terjangkau. Misalnya saja satu unit rumah di perumahan Residence.

Atau, jika anda memang punya modal cukup banyak maka anda bisa cari lokasi yang lebih strategis. Misalnya saja salah satu unit apartemen atau unit rumah di kawasan elit. Sehingga, semua poin di atas bisa membantu anda menentukan apa yang harus anda beli. Kedua jenis hunian ini juga bisa anda jadikan sebagai modal investasi. Karena rumah dan apartemen sama-sama menguntungkan dan banyak yang membutuhkannya.

PT GBP Guna Berkah Propertindo Bedah Untung Rugi Beli Apartemen | Makka El Fatih Setiawan | 4.5